Friday, July 16, 2010

Ternyata usianya sudah tua..(Ngerrriiii...!!)

Waktu itu tahun 2008 gue dan keluarga mau berangkat ke Surabaya naik pesawat.Gue milih naik maskapai L.Waktu itu jadwalnya pesawatnya berangkat jam 12.00 tapi tak lama kemudian ada pemberitahuan bahwa pesawatnya di delay tanpa informasi yang jelas.Akhirnya gue dan keluarga gue nunggu sampe jam 13.00,pas sudah jam 13.00 seluruh penumpang yang menuju surabaya suruh pindah yang tadinya di Gate A3 suruh pindah ke Gate A berapaa yaa???(lupa A berapa),suruh pindah karena pesawatnya di ganti,isunya sih pesawat yang tadinya mau di naikin itu rusak(Ihhh...sungguh mengerikan)akhirnya seluruh penumpang tujuan surabaya termasuk gue dan keluarga gue itu di suruh naik pesawat milik maskapai W yang kebetulan masih satu perusahan sama maskapai L.Waktu itu gue masuk pesawat lewat belalai,karena tujuan pesawat maskapai itu sebenarnya ke Bali,jadi para penumpang maskapai L di kasih seat di paling belakang deket toilet (beginilah nasib orang yang cuma numpang).Waktu itu gue naik pesawat berjenis MD 90,pesawatnya panjang banget,dan body pesawatnya tidak kekar seperti pesawat - pesawat yang sering gue liat.Waktu melihat bagian dinding cabin yang terlihat kusam sekali,dan banyaknya goresan - goresan pada kaca jendela pesawat gue pun langsung terpikir,apakah pesawat ini sudah tua??apa pesawat ini sebenarnya masih muda,tapi yang membersihkan kurang bersih??dan pas gue liat sayapnya (kebetulan gue duduk di bagian sayap) cat sayapnya itu udah kusam banget,buluk deh pokoknya,dan mur - mur pesawatnya itu banyak pada nongol gitu.Waktu itu gue cuma bisa berdoa agar bisa sampai di tujuan dengan selamat begitu juga pulangnya.Pas nyampe surabaya gue dan keluarga gue keluar pesawat melalui pintu belakang pesawat karena penuh,waktu kita keluar lewat bisa dibilang bagian pantan pesawat karena pintunya itu ada di bagian pantat,dan pintu tersebut bisa dijadikan tangga untuk turun.Pas gue keluar,gue liat cat body pesawatnya buluk banget,pokoknya dekil deh gak kaya body - body pesawat lain yang mulus.Terus bentuknya lucu tuh pesawat(maklum gue sebelumnya gak pernah liat jenis pesawat MD,cuma sering denger namanya doang)pesawatnya panjang,bodynya kurus gak kekar,terus sayapnya agak kebelakang gitu.
Tuh kan bentuknya lucu,kalo kata gue bentuknya mirip sama kura - kura punya temen gue lehernya panjang banget.

Dan pas balik dari Surabaya,ternyata gue naik pesawat berjenis MD lagi milik maskapai L tapi gue waktu itu gak tau itu jenis MD 82 apa 90 gitu,soalnya naik dan turunnya lewat belalai.

Seminggu kemudian setelah ke surabaya,gue dan keluarga gue pergi ke Banjarmasin karena mau ada nikahan sepupu gue.Waktu itu gue dan keluarga ngambil perjalanan malam karena siangnya gue sekolah dulu.Waktu itu mama gue belinya tiket maskapai L dan belinya itu udah PP.Seharusnya gue berangkat jam 18.30 dari Soetta,tapi karena di delay 2 jam akhirnya berangkat jam 20.30(udah malem tambah malem aja),pas masuk pesawat ternyata banyak penumpang yang gak kebagian seat karena seharusnya penumpang tujuan banjarmasin itu naik pesawat jenis Boeing 737-400 tapi di pindah jadi ke boeing 737 - 300 yang ukurannya lebih kecil,karena banyak yang gak dapet seat akhirnya penumpang yang gak kebagian seat boleh duduk di seat executive.Waktu itu gue liat pesawatnya jelek sama kaya yang MD itu catnya udah pada kusam dan kotor lagi dinding cabinnya.Waktu itu gue kirain ke Banjar itu naik boeing 737 - 900 ER yang masih bener2 baru yang baru di beli sama maskapai L soalnya kata sepupu2 gue yang di banjar,kalo dari Jkt ke banjar naiknya 737 900 ER.Waktu itu cuacanya buruk banget,udah pesawatnya tua(waktu itu gue mikir kayaknya tua),hujan deras,banyak kilat,goyang mulu selama perjalanan.Akhirnya gue nyampe jam 11.30 malam waktu setempat,waktu itu gue dan keluarga gue gak bisa keluar dari pesawat karena hujan deres banget,dan mesti nunggu di jemput pake payung sama pihak bandara.

Pas pulang ke Jakarta alhamdulillah gue naiknya pesawat yang boeing 737 - 900 ER itu,itu pesawat beda banget sama pesawat yang MD dan boeing 737 - 300.Dalem cabinnya bersih,dinding cabinnya bersih gak kusam,tombol pengatur sandaran seatnya belum ada yang rusak atau macet.

Waktu itu gue baca di Internet kalau pesawat berjenis MD 82 itu dibuat ditahun 80 an dan berhenti di produksi pada tahun 88 karena pesawatnya sering kecelakaan,sedangkan MD 90 itu dibuat di era 90 an dan mulai berhenti diproduksi pada tahun 95.Nah,si Maskapai L itu pake pesawat MD itu ternyata MD bekas bukan baru dan usianya itu udah tuaa,dan yang boeing 737 300nya juga bekas dan usianya udah tua,lebih tua dari gue malah.Ihh...serreemmm...

Alhamdulillah gue gak pernah kedapetan pesawat MD dan 737 300 lagi kalo naik pesawat,sekarang2 ini gue selalu dapet pesawat yang masih baru kalau gak boeing 737 900 ER itu,ya Airbus yang baru naiknya.

No comments: